Sunday, May 10, 2015

Bekasi - Manado - Siau (Part 4)

Gileee udah masuk ke part 4 aja -___- firasat gue gak enak nih. Kayaknya bisa sampe part 10 nih gue ceritain liburan gue hahaha. Buat yang tiba-tiba baru baca cerita ini. Monggo kalo punya waktu banyak disimak dulu (Part 1) (Part 2) dan (Part3)-nya.

Takutnya entar gak ngerti dan kaget kok tiba-tiba langsung ngeliat muka gue dan cerita gak penting dari gue. Daripada bingung ini di mana, itu siapa, kok yang nulis blog ini cakep sih, kenalan dong *oh boleh, kirim DM aja ke Twitter atau colek Facebook gue :))))* #Plak.

Oiya ada suatu hal yang sangat penting juga yang harus gue ceritakan di liburan gue ini. Karna gue adalah orang yang setia kepada salah satu provider telepon yaitu iM3 dan tanpa ganti nomer juga, yang mana tuh kartu udah gue pake dari awal gue punya HP pas kelas 3 SMP. Sebelum liburan ke Siau ini, gue emang gak kepikiran kalo ternyata pulau Siau ini hanya punya 1 tower yaitu Telkomsel (Gileeee telkomsel menang banyak nih kalo di daerah-daerah kecil kaya gini) jadi apa yang terjadi? Yup, tepat sekali. Semenjak kedatangan sampe gue pulang kartu iM3 gue emang gak berguna (NO SIGNAL!!!). Nyeseknya lagi, padahal beberapa hari sebelom berangkat itu gue baru aja ngisi paket data bulanan :((((

Karna gue males buat beli kartu perdana baru dan emang pengen lebih menikmati liburan *ngeles terus* jadi yaudah, tuh HP selama liburan di sana gunanya cuma buat foto-foto pemandangan sama sesekali kalo mau narsis aja ehehehe.

Tapi beneran deh, karna gak dapet sinyal itulah gue ngerasa gue lebih menikmati liburan yang sebenarnya setelah stress menjelang sidang sarjana waktu itu. Di sana gue jadi lebih sering ngumpul buat ngobrol sama sodara atau tetangga di sana, jalan-jalan dan banyak hal-hal seru yang bisa gue lakuin dibanding cuma ngeliatin layar HP dan update tentang liburan di semua Socmed doang.

Sekarang mending balik ke cerita jalan-jalan gue aja. Setelah gue sampai di Siau dan langsung nginep di rumah Om Sany, besok paginya baru deh gue berkelana sama nyokap. Jalan-jalan lucu di pagi hari. Kebetulan rumah Om gue ini emang deket banget sama pasar, jadi daerahnya terbilang cukup rame, gak sepi banget kaya rumah adiknya nyokap gue yang laen, ntar tunggu aja cerita gue waktu nginep di rumah mereka.

Ini pemandangan belakang pasar di Siau dan samping kiri sebenernya langsung laut.
Oiya Pasar Di Siau ini unik, karna pasarnya bakalan rame cuma di hari Selasa, Kamis sama Sabtu. Selain dari hari itu tetep ada yang jualan, cuma lebih sepi aja. Apalagi minggu, karna banyak yang ke gereja, paling yang jualan para pendatang yang bukan beragama kristen.

Pas lagi ke pasar gak sengaja langsung ketemu sama adik-adiknya nyokap gue yang lagi pada belanja juga. Jadi belanja ikan bareng deh. Nyokap gue paling kiri, 2 yang di kanannya ini adik-adiknya.

Ternyata ada juga lampu merah, tapi dalam 1 pulau cuma ada 1 lampu merah, ini juga cuma buat peringatan hati-hati. Jadi yang nyala cuma lampu kuning.

Ini pemandangan depannya pasar Siau

Pagi itu gue sama nyokap jalan-jalan gak jelas aja tanpa tujuan, sekalian belanja jajanan khas Siau. Oiya pas mau keluar buat jalan-jalan iseng ini, nyokap gue rada ribet banget. Soalnya nyokap gue kalo lagi di rumah (Bekasi) emang kalo tiap keluar rumah pasti pake kerudung, maklum aktif di pengajian komplek, tapi kalo di dalem rumah sih gak make.

Nah pas lagi di Siau ini, hari pertamanya kalo mau keluar jalan-jalan, nyokap pake kaya selendang buat rada nutupin kepala, tapi karna tiap lagi jalan diliatin orang mulu. Gue bilang aja, udah gak usah pake selendang , orang sini malah pada aneh liatnya, akhirnya mulai besok udah gak pake selendang lagi :)))

Semua sodara dari adiknya nyokap gue di sini emang beragama kristen, dan nyokap gue islam. Kenapa bisa islam, karna nyokap gue seorang mualaf. Nyokap pindah ke islam waktu mau nikah sama bokap gue. Sekarang di keluarga gue yang pengetahuan agamanya paling bagus malah nyokap gue ehehehe. Malah sekarang tiap sore jadi guru ngaji buat anak-anak kecil di masjid deket rumah. *gue, bokap sama kakak gue tutup muka menahan malu* :))))

Penduduk asli Siau emang semuanya agama kristen. Jadi di sini tuh banyak banget gerejanya, tiap jalan sekitar 300m tuh udah pasti kita bisa nemuin gereja. Karna di sini udah mulai banyak juga pendatang, jadi ada juga selain kristen, tapi yang gue tau selain kristen di sini adanya islam, buat agama yang laen gue kurang tau.

Dalam 1 pulau ini ternyata cuma ada 1 masjid dan lokasinya deket pasar ini. Selama di sana gue gak pernah denger suara adzan, kecuali dari tv tiap waktu maghrib, jadi lebih sering denger suara lonceng gereja buat ngingetin ibadah kelompok tiap sore hahaha. Jadi, selama gue liburan di sana, sebenernya gue ketemu 3x solat jumat tapi akhirnya gue cuma pernah ikut 1x. Alasannya biar hanya gue dan Allah aja yang tau :(((( #PengakuanDosa #MaafkanHambamuIniYaAllah.

Ada yang menarik juga di Siau ini. Tiap malem sekitar jam 7-8 itu ada acara titip salam sama request lagu, kocak banget jadi kaya radio live gitu. Jadi di setiap lingkungan (di sini gak ada RT/RW jadi disebutnya lingkungan) ada toa yang nantinya acara titip salam sama request lagu bakal kedengeran dari situ. Buat titip salam atau request lagu kita dikenain biaya seribu rupiah.

Jadi seru bisa bales-balesan salam gitu. Malah kata sodara gue yang lucu kalo lagi titip salam gitu ada yang suka pake nama samaran trus maen ledek-ledekan :))) cuma sayang gue gak pernah nyoba sih. Oiya duit hasil dari titip salam dan request lagu ini ternyata bakalan masuk ke gereja sekitar lingkungan di situ. Ternyata itu adalah ide dari remaja-remaja pengurus gereja. Keren ya idenya, seru-seruan sekalian beramal. Kayaknya bagus nih kalo gue kasih ide ini buat masjid deket rumah gue hahaha.

Nah sekarang waktunya gue pindah tempat menginap, udah kaya musafir lah pokonya gue sama nyokap tinggalnya pindah-pindah hahaha. Sekarang waktunya gue nginep di adik terakhirnya nyokap. Gue biasa manggil Tante Oly.

Buat kerumahnya ini perjuangannya emang paling paling paling berat, karna jalan kerumahnya itu kita mesti naek jalan setapak, iya cuma jalan setapak yang udah kebentuk karna sering dilewatin udah gitu bentuknya nanjak dengan terjal. Jalan setapak itu tingginya kira-kira kaya gedung 4 lantai, serius :(((((. Tapi sayang pas gue cek foto-foto gue selama di sana, gue lupa fotoin jalannya. Mungkin karna terlalu capek jadi males buat nyempetin ngambil foto haha. Pokonya kalo mau kerumahnya, sebelum naek tampang lo kaya artis Korea, pas nyampe atas langsung kaya Batoegana :))))

Tapiiiiii... tampang lo bisa balik kaya artis Korea lagi, setelah ngeliat pemandangan yang bakal lo dapetin dari rumah Tante gue ini. Asliiiiiiii bagussssss bangeeeettttttttt. Mangkanya dari semua rumah adik nyokap gue yang gue nginepin, tempat ini yang paling gue demen dan emang lebih sering di sini sih.

Awalnya cuma keliatan pemandangan sedikit, karna pohonnya udah pada tumbuh tinggi
Agak mundur dikit dan sedikit naek mulai keliatan pemandangan laut sama pulau-pulau kecil

Naik sedikit lagi, baru deh keliatan dengan jelas hamparan laut luas dan pulau-pulau kecil yang gak jauh dari Siau

Ya begitulah pemandangan tiap hari gue disana, kalo kita liat ke kanan bakalan langsung keliatan laut dan beberapa pulau. Kalo liat ke depan pemandangannya Gunung Karangetang. Salah satu gunung yang masih aktif di Indonesia. Kalo pagi siang sore sih cuma keliatan asep gitu di ujungnya, tapi kalo malem suka keliatan lava merahnya di ujung.

Gunung Karangetang
Kabar terbaru dari Gunung Karangetang ini sih sekitar 3 hari yang lalu, muncul letusan baru gitu. Jadi ada beberapa warga Siau yang rumahnya disekitar gunung itu sempet di evakuasi gitu. Tapi cuma evakuasi sementara sih, jadi gak beberapa lama pas hari itu juga udah pada balik ke rumah.

Ini foto letusan 3 hari yang lalu. Ngambil dari Facebook sodara gue yang di Siau

Gue udah mulai bingung nih mau nyambungin ceritanya kaya gimana lagi hahaha. Mending udahan sampe sini dulu aja ya cerita Part 4-nya. Nanti gue lanjutin lagi ke Part 5 dimana gue mulai mencoba pantai-pantai yang ada di Pulau Siau ini. Mulai dari yang pasirnya item sampe putih ada semua di sini, sampe-sampe pantai yang deket sama mata air panas juga ada, jadi airnya lautnya anget gitu. Udah ya bye, see you in next post yang entah kapan tau gue buatnya lagi huahuahua. (Bersambung)

Foto spoiler buat cerita Bekasi - Manado - Siau (Part 5)